A. LATAR BELAKANG


​Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang merupakan salah satu lembaga Teknis Daerah Kota Semarang yang mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang melayani pendidikan dan pelatihan bagi seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Semarang. Pada akhir tahun 2008, kedudukan organisasi Pendidikan dan Pelatihan yang semula merupakan salah satu Bidang pada Badan Kepegawaian Daerah, ditingkatkan statusnya menjadi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersendiri yaitu sebagai Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang. Hal tersebut berdasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah dan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Semarang serta Peraturan Walikota Semarang Nomor 50 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang. Dengan terbentuknya organisasi baru tersebut, lokasi kantornya pun berpindah, dari semula satu kompleks dengan Badan Kepegawaian Daerah, yaitu di lantai 5 Gedung Moch. Ichsan, Kompleks Balaikota Semarang di jalan Pemuda Nomor 148 Semarang, berpindah ke Jalan Abdurrahman Saleh no. 522.

Pada Tahun 2013, Pemerintah Kota Semarang melalui anggaran Dinas Tata Kota dan Perumahan mulai membangun kompleks Pendidikan dan Pelatihan pada lahan seluas +1,3 Ha . Tahun 2013 atau tahap pertama, yang dibangun adalah gedung pengelola (Kantor) dan gedung kelas lantai 1. Setelah pembangunan tersebut selesai, yaitu pada bulan Januari 2014 Kantor Pendidikan dan Pelatihan yang semula berlokasi di Jalan Abdurrahman Saleh, berpindah untuk menghuni gedung baru yang berlokasi di Jalan Fatmawati.


B. FASILITAS


​Pada Tahun 2014, pembangunan kompleks Diklat dilanjutkan pada tahap kedua yang meliputi : gedung kelas lantai 2 & 3 dan gedung asrama 3 lantai. Pada tahun 2015, fasilitas yang tersedia untuk penyelenggaraan Diklat yaitu : Gedung kelas dan Gedung Asrama. Gedung Kelas terdiri dari ruang kelas kecil 2 buah, ruang kelas standar 6 buah, ruang laboratorium komputer dan bahasa 1 buah, ruang poliklinik 1 buah dan ruang sekretariat 2 buah. Ditambah dengan masing-masing ruang kelas di lengkapi dengan LCD projector, soundsystem, wifi gratis, telepon antar-ruangan dan AC. Sementara Gedung Asrama terdiri 3 lantai, memiliki 38 kamar. Dengan fasilitas untuk masing-masing kamar terdiri dari : 1 almari, 2 tempat tidur, 1 meja belajar, TV, AC dan wifi gratis.


C. LOKASI


​Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang berada di Jalan Fatmawati No. 73A, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, atau di wilayah timur Kota Semarang. Adapun petunjuk arah untuk menuju ke lokasi Kantor Diklat Kota Semarang adalah sebagai berikut :

  • Dari Pusat Kota (Tugu Muda/Simpang Lima) : menuju ke arah timur / Purwodadi melewati jalan Ahmad Yani dan jalan Brigjen Sudiarto (majapahit). Setelah traffic light pertigaan arteri Soekarno-Hatta dan Brigjen Sudiarto masih terus ke arah Purwodadi. Setelah + 100 meter terdapat traffic light lagi (depan Polsek Pedurungan/Pizza Hut), kemudian belok ke arah kanan menuju ke arah RSUD Kota Semarang di jalan Fatmawati (ketileng raya). Setelah + 1,7 km terdapat traffic light, masih terus ke arah RSUD. Setelah traffic light pertigaan Kedungmundu (SPBU fatmawati) + 550 meter di sebelah kanan jalan merupakan lokasi Kantor Diklat Kota Semarang.
  • Dari arah barat (Jakarta/Kendal) : ke arah pusat kota, di pertigaan Krapyak belok kanan masuk ke tol, menuju ke arah Purwodadi. Keluar di pintu tol Gayamsari, menuju ke arah timur/Purwodadi. Setelah traffic light pertigaan arteri Soekarno-Hatta dan Brigjen Sudiarto masih terus ke arah Purwodadi. Setelah + 100 meter terdapat traffic light lagi (depan Polsek Pedurungan/Pizza Hut), kemudian belok ke arah kanan menuju ke arah RSUD Kota Semarang di jalan Fatmawati (ketileng raya). Setelah + 1,7 km terdapat traffic light, masih terus ke arah RSUD. Setelah traffic light pertigaan Kedungmundu (SPBU fatmawati) + 550 meter di sebelah kanan jalan merupakan lokasi Kantor Diklat Kota Semarang.
  • Dari arah timur (Surabaya/Demak) : ke arah pusat kota, setelah Terminal Terboyo/RSI sultan agung + 2,3 km belok kiri masuk ke tol Muktiharjo, ke arah Purwodadi. Keluar di pintu tol Gayamsari, menuju ke arah timur/Purwodadi. Setelah traffic light pertigaan arteri Soekarno-Hatta dan Brigjen Sudiarto masih terus ke arah Purwodadi. Setelah + 100 meter terdapat traffic light lagi (depan Polsek Pedurungan/Pizza Hut), kemudian belok ke arah kanan menuju ke arah RSUD Kota Semarang di jalan Fatmawati (ketileng raya). Setelah + 1,7 km terdapat traffic light, masih terus ke arah RSUD. Setelah traffic light pertigaan Kedungmundu (SPBU fatmawati) + 550 meter di sebelah kanan jalan merupakan lokasi Kantor Diklat Kota Semarang.
  • Dari arah selatan (Yogyakarta/Surakarta/Ungaran) : ke arah pusat kota, setelah Terminal Banyumanik + 8,2 km (setelah melewati Carrefour, KFC dan Soto Bangkong) belok kanan masuk ke tol Banyumanik, ke arah Purwodadi. Keluar di pintu tol Gayamsari, menuju ke arah timur/Purwodadi. Setelah traffic light pertigaan arteri Soekarno-Hatta dan Brigjen Sudiarto masih terus ke arah Purwodadi. Setelah + 100 meter terdapat traffic light lagi (depan Polsek Pedurungan/Pizza Hut), kemudian belok ke arah kanan menuju ke arah RSUD Kota Semarang di jalan Fatmawati (ketileng raya). Setelah + 1,7 km terdapat traffic light, masih terus ke arah RSUD. Setelah traffic light pertigaan Kedungmundu (SPBU fatmawati) + 550 meter di sebelah kanan jalan merupakan lokasi Kantor Diklat Kota Semarang.​​

Selayang Pandang Kota Semarang :



Peta Lokasi Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang :​